Cara Mengobati Bayi Demam bersama SehatQ

cara mengobati bayi demam dengan penurun panas dari sehatQ

cara mengobati bayi demam dengan penurun panas dari sehatQ

Beberapa minggu yang lalu dapat kabar gembira kalau adik saya sudah melahirkan. Meskipun posisi sang jabang bayinya sungsang, tapi alhamdulillah ibu dan bayinya sehat. Berjenis kelamin laki-laki dan saya kebagian mendapat tugas mencari nama bayi laki-laki.

Awalnya bingung juga karena banyaknya review nama yang menarik. Akhirnya saya memutuskan sebuah nama. Faizeen Al Fatih, nama yang bagus bukan? Artinya adalah sang penakluk yang jujur!

Kemudian saya mendapat kabar kalau Faizeen demam. Sebagai newmom, wajar saja adik saya menjadi sangat cemas. Apalagi saat ini Omricon sedang meningkat, dan membuat khawatir untuk bepergian ke luar rumah.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Demam yang Terjadi Pada Bayi

Saat bayi demam, Mama jelas saja merasa khawatir dengan kondisi tersebut. apalagi kalau bayi tersebut menjadi rewel terus-menerus. Padahal, demam adalah kondisi yang wajar dan tak selalu menandakan masalah serius.

Sebagai orang tua, kita harus tetap tenang. Kuncinya adalah jangan panik!

Demam merupakan kondisi suhu tubuh di atas 37,2o C saat diukur dengan termometer. Demam sebenarnya tidak membahayakan dan merupakan respon tubuh saat melawan infeksi seperti virus atau bakteri.

Bayi dapat dikatakan demam bila:

  • Suhu diukur dari mulut: 37,8o C
  • Suhu diukur dari ketiak: 37,2o C
  • Suhu diukur dari anus: 38o C

Suhu ini akan naik turun sepanjang waktu selama 3 hari. Biasanya suhu tubuh akan menurun di pagi hari dan akan meningkat pada malam hari. Naik turunnya ini bisa dipengaruhi oleh suhu lingkungan dan aktivitas fisik.

Penyebab Demam pada Bayi

Ada beberapa penyebab demam pada bayi yang perlu Mama ketahui:

Infeksi

Sebagian demam terjadi karena adanya infeksi baik virus maupun bakteri. Saat demam, artinya sistem imun tubuh sedang melawan infeksi tersebut.

Mama harus observasi dulu, karena demam ini juga masih akan naik turun sepanjang waktu.

Imunisasi

Biasanya setelah imunisasi jenis tertentu, sistem kekebalan tubuh bayi akan teraktivasi. Hal ini tentu akan menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat. Sehingga salah satu penyebab demam pada anak adalah imunisasi. Biasanya dokter akan membekali obat penurun panas pasca imunisasi.

Tumbuh gigi

Ada beberapa bayi yang mengalami demam saat tumbuh gigi. Biasanya bayi akan rewel karena kurang nyaman dengan kondisi ini. Namun suhunya tidak akan melebihi 37,8o C.

Biasanya kalau terinfeksi virus, demam bisa mencapai 38-40o C.

Apa yang Harus dilakukan Saat Bayi Demam?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat bayi Mama sedang demam:

Memakaikan Pakaian Tipis

Bayi akan merasa lebih nyaman dengan pakaian yang ringan dan tipis. Hal ini akan memberikan kesejukan bagi bayi. Juga akan membantu tubuhnya mendingin dengan alami. Jangan memberi pakaian yang terlalu tebal dengan bahan yang panas ya Ma!

Mandikan dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat bisa membantu penyesuaian suhu badan bayi, dan membuat merasa lebih nyaman. Langkah ini bisa membantu suhu tubuh lekas turun. Jangan menggunakan air dingin karena bisa membuat bayi kedinginan dan menggigil.

Setelah mandi, keringkan tubuh bayi menggunakan handuk yang lembut dan gunakan pakaian ringan.

Pastikan Mendapat Cukup Cairan

(sumber: sehatq.com)

Jangan sampai bayi Mama kekurangan cairan yang bisa membuat dehidrasi. Bayi yangs edang demam vutuh cairan cukup, dari ASI, maupun susu formula. Tergantung usia bayi, apakah sudah bisa mendapat larutan elektrolit atau air. Segera hubungi dokter atau bidan untuk konsultasi.

Bayi yang dehidrasi bisa jadi menangis tanpa mengeluarkan air mata, mengalami kekeringan pada mulut bahkan tidak mengeluarkan urine.

Menjaga Suhu Kamar dan Rumah

Mama harus menjaga suhu kamar dan rumah agar tetap sejuk. Hal ini dapat melindungi bayi dari suhu yang terlalu panas yang membuat demamnya semakin tinggi.

Gunakan AC atau kipas angin, tapi jangan mengarahkannya langusung. Bisa dengan dipantulkan ke tembok terlebih dahulu.

Memberi Obat Penurun Demam

Saat ini sudah ada layanan konsultasi dokter secara online, apalagi musim pandemi seperti ini. Mama bisa memberi obat penurun panas sesuai petunjuk dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

Mama bisa membeli obat penurun demam secara online lewat aplikasi SehatQ. Tak perlu membeli obat ke luar rumah, mudah bukan?

Penutup

Bayi yang mengalami demam adalah hal yang wajar, karena reaksi tubuh dalam melawan infeksi. Mama tak perlu khawatir atau cemas dan tetaplah memantau suhu tubuh bayi. Lakukan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas. Apabila demam tak kunjung turun, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. Semoga sehat selalu ya.

Baca Juga:

Melatih Empati Anak Untuk Kesuksesan Dan Kebahagiaannya

Pentingnya Pendidikan bagi Setiap Orang

Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.