Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence

Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence
Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence
Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) adalah konsep yang menarik, dan inovasi di bidang ini berkembang pesat. Implikasi AI akan berdampak secara positif untuk lingkungan dan AI telah berhasil memikat para ahli selama bertahun-tahun, tetapi ada beberapa manfaat besar Artificial Intelligence yang mungkin tidak sering dipertimbangkan.

Teknologi digital berkembang dengan cepat selama beberapa dekade terakhir, dan dapat dikatakan bahwa saat ini sebagian besar dari kita memiliki kekuatan teknologi yang jauh lebih besar. Ada juga terobosan signifikan di bidang pembelajaran mesin contoh terbesarnya adalah Artificial Intelligence.

Konsep-konsep ini telah memungkinkan mesin untuk memproses dan menganalisis informasi, dan dalam beberapa kasus untuk belajar sendiri, dengan cara yang sangat canggih. Berkat perkembangan teknologi AI ini, mesin sekarang dapat belajar melakukan fungsi kompleks seperti pengenalan wajah.

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Pada dasarnya, AI adalah sebuah kemampuan mesin atau program komputer yang dirancang agar bisa berpikir dan belajar. Konsep AI juga didasarkan pada sebuah gagasan yaitu membangun sebuah mesin yang mampu berpikir, bertindak, dan belajar seperti manusia. Definisi yang lebih bernuansa adalah bahwa AI adalah konsep interdisipliner yang mempelajari kemungkinan menciptakan mesin yang mampu berinteraksi dengan lingkungannya dan bertindak berdasarkan data yang diterima dengan cara yang dianggap cerdas. Beberapa orang salah mengartikan bahwa AI sebagai teknologi.

Maka pendekatan yang lebih akurat akan melihatnya sebagai konsep luas di mana mesin dapat menangani tugas dengan cara yang kita anggap “cerdas” atau “pintar.” Ada beberapa hal tertentu yang harus dapat dilakukan oleh mesin atau sebuah program komputer untuk dianggap sebagai AI. Pertama, AI harus bisa meniru proses berpikir dan perilaku manusia. Kedua, ia harus bertindak seperti manusia yaitu menjadi cerdas, rasional, dan etis. Dan berikut adalah dampak AI untuk lingkungan:

Dampak AI di Kota

Dampak lingkungan AI paling menonjol di kota-kota besar. Kota dan ruang perkotaan menampung sebagian besar populasi dunia dan padat sumber daya. AI akan memainkan peran besar dalam menganalisis permintaan energi dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan mengonfigurasi lanskap kota yang paling hemat energi. Ada banyak cara AI dapat memandu inovasi dalam desain kota, terkait dengan memaksimalkan penggunaan energi yang ada dan meminimalkan limbah.

Apa Saja Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence?

Dampak AI di Hutan

AI dapat mengoptimalkan apa yang terjadi di kota-kota kita, AI juga dapat melindungi hutan kita dari pembangunan ilegal. AI luar biasa dalam menganalisis sebuah suara, dengan potensi untuk mengambil alih berbagai alat seperti gergaji mesin, truk logging, atau tembakan senjata secara real-time.

Itu juga dapat memantau pergerakan dan panas tubuh di seluruh hutan, dan bahkan mendeteksi kebakaran hutan melalui suara dan suhu. Seiring dengan peningkatan akses Internet, AI akan berperan dalam melindungi hutan kita dari penebang pohon yang tidak bertanggung jawab.

Dampak dari Pemantauan AI

AI seperti supervisor terbaik yang pernah kamu miliki atau mungkin yang terburuk, tergantung bagaimana kamu menilainya. Artificial Intelligence juga dapat memantau industri seperti konstruksi, transportasi, dan layanan pemborosan karbon tinggi, merekam data tentang penggunaan limbah dan energi. Sangat mungkin bahwa AI akan mendominasi pengambilan keputusan terkait penggunaan energi terbarukan dalam beberapa dekade mendatang.

Dampak AI dalam Bersepeda

AI digunakan untuk membuat jaringan sepeda baru di kota, hanya dengan menganalisis penggunaan transportasi dan pola lalu lintas. Kota-kota besar di beberapa negara maju juga sudah menggunakan AI sebagai sarana untuk mengelola sebuah kemacetan. Berdasarkan bukti yang diambil dari pemantauan AI, kota ini memperluas jaringan jalur bersepedanya.

Dampak AI Pada Bangunan

AI dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana bangunan berperilaku dengan energi, mengidentifikasi permintaan energi dan perilaku di sekitar suhu. Untuk kompleks kondominium besar dan fasilitas komersial atau industri, ini membuka pintu untuk mengidentifikasi peluang baru dalam desain untuk penggunaan energi yang lebih efisien.

Dampak AI dalam Transportasi

Berbagai aspek transportasi di masa depan akan menggunkana AI, mulai dari moda transportasi umum baru hingga mobil tanpa pengemudi. Kendaraan ramah lingkungan akan dirancang, dioptimalkan, dan dibangun oleh AI, dan berpotensi dijalankan oleh algoritma pembelajaran mesin.

Dampak Daur Ulang AI

AI dapat memilah-milah daur ulang, menggunakan sensor untuk mengidentifikasi berbagai jenis limbah saat mengalir di atas ban berjalan. Melalui lengan robot, dapat menyortir daur ulang dan merekam data tekstur, warna, bentuk, ukuran, dan merek. AI telah digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang untuk penggunaan ini. Ini meningkatkan efisiensi upaya daur ulang, menghilangkan kontaminasi silang dan memaksimalkan nilai dari apa yang dikumpulkan.

Seperti Apa Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence?

Dampak Efek Positif Dampak Lingkungan yang Dipengaruhi Oleh Artificial Intelligence

Dampak Prediksi Iklim yang Menggunakan AI

Sesuatu yang dilakukan AI dengan sangat baik adalah prediksi . Mereka menggunakan model dan algoritma, dan membuat yang baru yang dapat membuat prediksi yang lebih akurat daripada yang rata-rata dapat dikelola oleh manusia. Hasilnya, dalam hal perubahan iklim hal yang satu ini adalah penilaian yang lebih akurat tentang manajemen risiko dan berbagai data yang akan dapat sangat membantu menginformasikan keputusan tentang masalah ini dengan lebih baik.

Dampak AI dalam Perlindungan Air Laut

Air laut itu sangat penting untuk manusia. Maka dari itu kita harus menjaganya sebersih mungkin. Sayangnya, banyak perusahaan melepaskan limbah, bahan kimia, dan limbah yang terkontaminasi di dalamnya setiap tahun. Dimana AI masuk adalah dalam mengidentifikasi kontaminasi mikroba dan merekam data pasang surut, suhu, kecepatan angin, curah hujan, dan peristiwa yang dilaporkan. Penggunaan AI memiliki potensi untuk merevolusi cara kita mengelola lautan.

Dampak Konservasi Spesies yang  Menggunakan AI

Berbagai spesies yang ada di dunia kita ini akan berada di bawah ancaman pembangunan dalam beberapa dekade mendatang dan hal ini akan sangat merugikan. AI sudah membantu kami memantau spesies tertentu, merekam suara, dan memantau pergerakan hewan seperti burung, kelelawar, mamalia, dan invertebrata. Ini memberikan cara yang efektif untuk mengumpulkan data perilaku berjam-jam, menganalisis dan menafsirkannya ke dalam laporan otomatis.

Dampak Negatif yang Disebabkan Oleh AI

Ada juga sisi negatif dari penggunaan AI. Dibutuhkan banyak sekali energi untuk menggunakannya. Data farm dapat menggunakan energi sebanyak kota kecil. Sebuah studi baru-baru ini juga menunjukkan energi yang terlibat dalam pelatihan AI besar untuk menafsirkan bahasa manusia berjumlah ratusan ribu kilogram dalam kesetaraan karbon dioksida. Itulah ulasan tentang efek positif dampak lingkungan yang dipengaruhi oleh Artificial Intelligence.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.