Internet, Kunci Indonesia Jadi Raksasa Ekonomi Digital di Masa Depan

ekonomi-digital

Mungkin banyak di antara kita yang seringkali mendengar betapa negatifnya kehadiran internet. Apalagi dengan masifnya pemberitaan hoax, tak sedikit dari kita yang lebih memilih menghindari internet. Padahal jika digunakan secara tepat dan dikelola efektif, internet justru mampu mengubah sebuah peradaban bangsa dalam hal perekonomian.

Hal itulah yang tampaknya diprediksi bakal segera terjadi di Indonesia, berkat pesatnya perkembangan ekonomi digital di Tanah Air terutama setelah melewati masa-masa tergenting pandemi Covid-19, sejak tahun 2020 itu.

Bahkan Presiden Jokowi dalam acara OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Virtual Innovation Day 2021 pada bulan Oktober tahun lalu, cukup percaya diri jika Indonesia berpotensi jadi raksasa digital. Dilansir Data Indonesia, Indonesia diprediksi bisa jadi kekuatan ekonomi terbesar ketujuh di dunia pada tahun 2030 mendatang berkat ekonomi digital, berkat terus meningkatnya pengguna internet.

Pernyataan Jokowi itu diperkuat dengan terus melambungnya pembayaran lewat uang elektronik (e-money) yang tumbuh sebesar 94,65% (yoy) per November 2021, menjadi Rp16,08 triliun. Bahkan sektor e-commerce juga mengalami pertumbuhan terbesar selama pandemi, lantaran para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menggunakan platform belanja online tersebut untuk tetap berjualan meskipun adanya kebijakan pembatasan sosial selama wabah corona.

Jualan Online Bawa Ndudshop Banjir Cuan

ilustrasi belanja
© Carlos Muza/UNSPLASH

Dari banyaknya kisah sukses para penjual alias seller online, salah satunya dirangkai oleh Vascella Lie, pemilik toko online Ndudshop. Ketika banyak pebisnis yang terpaksa gulung tikar atau pekerja kehilangan pekerjaannya, Vascella justru mampu mencatat peningkatan omzet hingga miliaran rupiah selama pandemi, akibat strateginya berjualan di internet.

Bisnis Vascella ini sendiri sebetulnya sudah dimulai pada tahun 2005. Bermodalkan uang Rp900 ribu, Vascella kala itu membuka toko baju konvensional sebelum akhirnya resmi bermigrasi ke internet dan memilih menutup toko offline di tahun 2018. Kendati pada awalnya berjualan online hanya memperoleh belasan orderan, Vascella tidak menyerah sampai akhirnya mampu meraup miliaran Rupiah lewat Ndudshop.

Di saat pandemi melanda, Ndudshop terus memperoleh orderan harian dan semakin meningkat lewat momen diskon besar-besaran yang biasanya digelar platform e-commerce. Hingga akhirnya lewat strategi jualan online yang tepat, Vascella sudah mempunyai kantor sendiri dengan 12 karyawan tetap dan beberapa pekerja lepas. Mempunyai sekitar 142 ribu pengikut di Instagram, Ndudshop pun mampu mencatat 500 – 1.000 orderan per hari.

IndiHome Bantu Indonesia Jadi Penguasa Digital

Tentu apa yang dialami Vascella begitu didambakan oleh para seller online. Kini siapapun terbuka untuk menjadi pebisnis sukses terlepas dari skala usaha yang Anda kelola, asalkan mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam hal ini internet.

para pekerja IndiHome
© Telkom Indonesia

Sadar bahwa internet merupakan tulang punggung perekonomian digital, IndiHome sebagai layanan unggulan Telkom Indonesia pun siap memberikan akses ke seluruh rakyat di Tanah Air. Di sepanjang tahun 2021 misalnya, IndiHome memberikan berbagai inovasi pelayanan untuk memastikan pemerataan akses internet di pelosok Nusantara. Mulai dari higher speed same price, penurunan tarif paket internet sampai inovasi lainnya.

Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome menawarkan lima varian layanan mulai dari 3P Reguler hingga 2P Phone Digital dengan varian kecepatan 30 Mbps – 300 Mbps. Adanya akses internet yang lancar ini jelas bakal sangat membantu pelaku bisnis UMKM untuk bermigrasi ke ranah digital, dengan bergabung di berbagai e-commerce untuk meningkatkan omzet mereka.

Jika berdasarkan data We Are Social ada 202,6 juta pengguna internet di Indonesia, tentu ini adalah sebuah pasar yang sangat menjanjikan untuk berjualan online. Jadi bagi Anda para pelaku ekonomi bisnis UMKM, inilah saatnya untuk memaksimal penjualan dan meraup cuan setinggi mungkin lewat internet.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.